Tuesday, August 12, 2008

Dunia ini Berwarna oleh Para Sukarelawan
Oleh : Reza Ervani
(http://groups.yahoo.com/group/rezaervani)

Jika anda penggiat atau setidaknya pengguna berbagai macam CMS Open Source seperti Joomla, Wordpress, dan Drupal, tentu akrab dengan berbagai macam plugin, themes, modul, ekstension yang gratis.

Terkadang plugin yang ada sangatlah rumit, tapi memberikan kekuatan tersendiri pada tampilan website atau blog pribadi kita. Kekayaan imajinasi seakan-akan menjelma ke dalam muara aplikasi-aplikasi istimewa.

Gelombang generasi Open Source ini mulai penulis rasakan semenjak tahun 1998.

Walau mungkin tidak ada korelasinya, tapi kebebasan reformasi bertambah warnanya dengan kehadiran berbagai macam software non Proprietary. Dan yang paling terkenal tentu LINUX, sebagai alternatif Operating System masa depan.

Tulisan ini tidak akan mengupas masalah perangkat lunak. Hanya sedikit lamunan pagi hari. Betapa dunia menjadi begitu berwarna dengan para sukarelawan. Mereka membuat sesuatu yang sangat brilian, unik, dan optimal, lalu mereka bagikan dengan sukarela, berharap ada yang mau membantu memperbaiki apa yang telah mereka usahakan sebaik mungkin.

Orientasi pembelajaran lebih dominan daripada orientasi materi. Dan ini menjadi kekuatan yang perlahan menguat dan memberikan geliat tersendiri bagi sebuah sisi kemanusiaan.

Menurut penulis, ini alamiah.
Seseorang yang memberikan secara sukarela hal terbaik yang bisa ia buat, akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari apa yang ia berikan. Kekuatan kesukarelaan yang optimal mampu menggerakkan roda kehidupan dengan sangat bertenaga, bahkan mengalahkan logika materialistik dan kekuatan kapital.

Dan ini dapat berlaku di semua segi kehidupan. Seorang ilmuwan (ulama) yang dengan ketulusan membagikan pengetahuannya, akan mendapatkan imbal balik yang lebih berharga dari kekayaan, tenaga bantu di tempat-tempat musibah mendapatkan kepuasan batin yang memenuhi dadanya, guru-guru di pedalaman mendapatkan keberkahan yang terkadang tak mampu dicapai oleh pemahaman logika.

Warna-warni dunia, dinamikanya yang luar biasa, kekuatan hakiki kemanusiaan, tumbuh dari sikap dan mental sukarela.

Mungkin ini yang disiratkan oleh Al Quran :
Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan". (Al Quran Al Karim Surah At Taubah ayat 105)

Allahu `Alam
Bandung On my Briliant Morning

No comments: